Sabtu, Mei 03, 2008

Catatan Sedih di Mekkah

Malang tak dapat ditolak, mujur tak dapat diraih

Suatu takdir malang tak dapat ditolak oleh Kel. Bapak Surka Tarwan yang ikut dalam rombongan Umroh plus Aqsho ini. Istrinya ny. Sukarsih (61) wafat sehari setelah sampai di Mekkah. Innalillahi wa inna ilaihi rojiuun..... Allah langsung menahan almarhumah di rumahNya.
Menurut putri bungsunya yang ikut rombongan Dian Indah Hayati, ibunya sebelum berangkat cuma punya keluhan flu biasa dan sudah agak baikan waktu berangkat. Kami baru kenal sesampai di Jeddah, ybs turun dari pesawat terkulai lemah didorong suami dan anaknya yang terlihat lelah sekali.
Yang agak disesalkan tidak ada perlakuan khusus terhadap beliau, cari kursi roda sendiri dan tidak segera diusahakan ambulans sesampai di Jeddah. Kebetulan diantara rombongan juga tidak ada yang dokter atau tenaga yang mengerti medis, entah dipesawat SV 823 itu. Turun dari bis yang agak jauh dari dari pintu hotel yang diatas bukit di Mekkahpun tidak ada yang membantu segera untuk dibawa ke ruang hotel. Akhirnya setelah di hotel dibawa juga ke Rumah Sakit, kami sampai di Mekkah menjelang subuh waktu KSA.
Malam tanggal 17 April itu mereka baru saja bercerita di ruang makan bahwa ibu Surka sudah ditangani dokter dan banyak selang di tubuhnya. Waktu bertemu terakhir menurut keterangan anaknya ybs sedang tertidur berat (mungkin juga sudah koma wallahu alam) sehingga mereka pulang ke hotel. Tak lama mereka masuk ke kamar hotel untuk istirahat didapat berita bahwa ibu sudah tidak ada.....
Kel. Surka sebetulnya menginginkan untuk langsung pulang tetapi kalau bawa jenazah repot dan mahal, merekapun tidak bisa membatalkan tour plus Aqshonya, harus beli tiket lain dan tentu saja lumayan mahal. Akhirnya mereka berdua tetap meneruskan tour dan ikhlas menerima ibu Surka dimakamkan di Mekkah. Memang kelihatannya itu adalah keputusan yang terbaik.

Lesson learn :
1. Rumah Sakit di Arab gratis.
2. makam di Arab tanpa nisan, perempuan tidak boleh ke makam
3. Urusan pemakaman melibatkan pihak Kedutaan RI yang menyebabkan jenazah agak terlantar setelah 2 hari baru dimakamkan.
4. Kemungkinan flu sejak di Indonesia juga ada indikasi penyakit jantung yang menyebabkan wafatnya.
5. Sebaiknya ikut asuransi kesehatan selama perjalanan
6. Pertanyaan: bagaimana ya kalau hal ini terjadi di Israel yang RI tidak punya hubungan diplomatik ?!

Click to play Catatan Sedih di Mekkah
Create your own postcard - Powered by Smilebox
Make a Smilebox postcard

Tidak ada komentar: