Jumat, Mei 02, 2008

Umroh Plus Aqsho - jilid 4

Dari Madinah ke Jeddah

1. Ada kejadian yang cukup mengejutkan pada tanggal 22 April 2008 sewaktu menginap di Hotel Mawaddah Saifa di Madinah, tiba-tiba alarm berbunyi. Tadinya dikira bunyi HP, ternyata diluar kamar. Tiba-tiba orang-orang berlarian keluar kamar mencari dan turun melalui tangga kebakaran karena lift sudah tidak berfungsi. Aku dan Ranti di lantai 8 dan teman-teman jamaah lainnya berada dilantai yang berbeda-beda. Ini tidak boleh panik...untung saja tas dan koper sudah siap, kamar tidak berantakan. Aku dan Ranti pake jilbab dan sepatu, cepat2 dan cukup bawa tas berisi paspor dan barang berharga....hikhik, kebayang ga turun dari lantai 8...?!! Akhirnya kita dikumpulkan dilantai 2, ga ada keterangan apa-apa. Cuma denger-denger saja ada yang pakai seterika terus gosong, entah jamaah dari mana. Waktu itu yang menginap selain kita juga ada jamaah dari Malaysia....yang som-som itulah. Untung ga ada kejadian serius lainnya. Tapi cukup mendebarkan juga...belum pernah sih berada digedung tinggi dengan bunyi alarm kebakaran......

2. Hari itu rencana berangkat dari Hotel Mawaddah jam 10 pagi diberitahu oleh tour leader bahwa kita bisa tunggu dikamar dan nanti diberitahu kalau bis sudah datang. Eeeh.... jam 9 pintu kamar digedor-gedor Arab gelo....nanyain jam berapa mau keluar, yah aku bilang jam 10 nanti kita dipanggil oleh tour leader....Tau ga jam 10 tepat sebelum dipanggil kamar digedor-gedor lagi dengan bawa-bawa managernya kita disuruh keluar karena semua sudah keluar katanya.....dasar Arab semprul itu. Ya karena males berantem sama Arab (hehe...padahal yang ini Arab kate ga gede-gede amatlah) dan kita juga sudah bosen dikamar nonton TV Arab yang kebanyakan ngaji mulu...hihi, ga ngerti bahasanya ya jadi dikirain ngaji semua kaleee....hehehe kita turunlah ke lobi hotel.

3. Akhirnya kita meneruskan perjalanan ke Jeddah, ketemu lagi dengan pemandangan gersang..... gunung coklat...eh kalo coklat beneran enak dong....ini sih kebayang debu, kering kerontang, yang hidup mungkin cuma onta, kalajengking, ular batu dan ....hehe tentu saja si Arab itu ya !

4. Sesampai di Jeddah, kita langsung ke mesjid untuk sholat lohor dan asyar digabung di mesjid terapung yang baru terletak dipantai Laut Merah (tahun 1994 belum ada). Tempat sholat perempuan terletak dilantai atas dan ber-AC nyamanlah, alhamdulillah.

5. Tour di Jeddah tentu ke makam nenek Siti Hawa (baca: karena itu disebut kota Jeddah yang artinya 'nenek', yaitu nenek manusia pertama secara agama langit/wahyu). Kita tidak bisa masuk kemakam itu cuma dari luar saja, cuma diperlihatkan pintu gerbangnya saja. Ya dari dulu juga begitu. Menurut sahibul hikayatnya dulu nenek Siti Hawa dan kakek Adam diturunkan ke bumi terpisah selama 300 tahun, sebelum akhirnya mereka bertemu di Jabal Rahmah itu. Adam tinggal di India dan Siti Hawa di Arab, setiap tahun Adam jalan kaki ke Arab. .....hiiii capeeeek deee !!! Katanya tingginya nabi Adam itu 30 m2, berarti jalannya satu langkah berapa meter ya?! Artinya makin maju teknologi manusia makin kecil ya?!

6. Menginap di Hotel Triden Jeddah, cuma semalam, hotel lebih nyaman daripada di Mekkah dan Madinah. Oh iya perlu dicatat hotel di Madinah itu tanpa pemberitahuan seharusnya di Hotel Dallah Taiba, diganti oleh Travel Sanabil ke hotel Mawaddah Saifa yang ga ramah itu..... namanya ibadah maleslah berdebat !! Hehehe...dek Pendi, dicatat saja ya...?!

Inilah smileboxnya cerita itu.....

Click to play Umroh + Aqsho - 4
Create your own scrapbook - Powered by Smilebox
Make a Smilebox scrapbook

Tidak ada komentar: